TOP INDONESIAN STADIUM


TOP INDONESIAN STADIUM

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

1. STADION GELORA BUNG KARNO

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional. Stadion ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Dalam rangka de-Soekarnoisasi, pada masa Orde Baru, nama stadion ini diubah menjadi Stadion Utama Senayan. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama Stadion ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.

Dengan kapasitas sekitar 100.000 orang, stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 dan penyelesaian fase pertamanya pada kuartal ketiga 1962 ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Menjelang Piala Asia 2007, dilakukan renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton.

Gedung olahraga ini dibangun mulai sejak pada tanggal 24 Agustus 1962 sebagai kelengkapan sarana dan prasarana dalam rangka Asian Games 1962 mulai buka diresmikan sejak pada tanggal 24 Agustus 1962 yang diadakan di Jakarta.

Pembangunannya didanai dengan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS yang kepastiannya diperoleh pada 23 Desember 1958. Dan tentunya dengan dana yang cukup besar tersebut itu menjadikan galanggang olahraga ini sebagai stadion sepakbola terbesar di Indonesia.Hingga saat ini, Gelora Bung Karno merupakan satu-satunya stadion yang benar-benar berstandar internasional di Indonesia

Data stadion

  • Lampu: 1.700 luks
  • Jenis Rumput: Zoysia Matrelia Linmer
  • Panjang sentel ban: 800 meter
  • Panjang lapangan: 105 meter
  • Lebar lapangan: 70 meter
  • Lintasan Atletik: 400 meter, 8 jalur
  • Kapasitas Teribun: 88.000 penonton ( max 120.000 penonton )

2. STADION PALARAN ( STADION UTAMA KALTIM)

Stadion utama Kaltim mulai dibangun pada tahun 2005 dan mulai digunakan sejak tahun 2008, stadion ini bertaraf internasional dan menjadi salah satu stadion terbaik di indonesia.

Stadion Utama Kaltim atau sering disebut pula Stadion Utama Palaran adalah sebuah stadion serbaguna di Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Kompleks Stadion Utama Kaltim. Stadion ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menghadapi PON XVII dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 18 Juni 2008. Stadion ini digunakan sebagai tempat upacara pembukaan PON XVII pada tanggal 5 Juli 2008 dan upacara penutupan PON XVII pada 17 Juli 2008. Selain itu stadion ini juga ditunjuk oleh PSSI menggelar babak final dan 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia 2008.

Kondisi : A

Kota : Samarinda, Kalimantan Timur

Dibangun : Tahun 2005

Kapasitas : 50.000 kursi. (MAX 60.000)

Tipe Stadion : Stadion Madya (Olympiq)

Kategori : A

3. STADION GELORA BUNG TOMO

Stadion Gelora Bung Tomo terletak di Surabaya Barat. Jawa Timur yang merupakan kandang masa depan dari klub Persebaya Surabaya. Stadion ini mulai dibangun sejak tahun 2008 dan selesai sekitar tahun 2010, Stadion ini merupakan salah satu stadion terbesar Indonesia yang memiliki kapasitas kurang lebih 55.000 tempat duduk, sehingga stadion ini menjadi salah satu yang terbaik.

Kota : Surabaya, Jawa Timur

Dibangun : Tahun 2008

Kandang :  Persebaya (IPL)

Kapasitas : 55.000 tempat duduk.

Tipe stadion : Stadion Madya (Olympic)

Kategori : A

4. STADION UTAMA RIAU

Stadion ini, adalah salah satu stadion bertaraf internasional terbaik di indonesia, kecanggihan teknologi yang sangat menonjol terutama pada sound system di stadion ini sangat memanjakan bagi para penonton, stadion ini akan menjadi tuan rumah perhelatan AFC U 22, dan Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012.

Kota : Pekanbaru, Riau

Dibangun : Tahun 2009

Kandang : –

Kapasitas : 43.923 kursi.

Tipe Stadion : Stadion Madya (Olympic)

Kategori : A

5. STADION GELORA SRIWIJAYA  JAKABARING

Kota : Palembang, Sumatera Selatan

Dibangun : Tahun 2001

Kandang : Sriwijaya FC (ISL)

Kapasitas : 40.000 tempat duduk

Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama.

Kategori : A

Stadion yang mulai bangun pada tanggal 1 Januari 2001 ini ditujukan untuk menyelenggarakan PON XVI ketika Kota Palembang ditunjuk sebagai penyelenggara pada tanggal 2 September 2004. Stadion ini diberi nama berdasarkan kemaharajaan maritim Sriwijaya yang berpusat di Palembang dan berhasil mempersatukan wilayah barat Nusantara pada abad 7 sampai dengan abad 12. Selain itu stadion ini juga merupakan markas dari klub sepak bola Indonesia, Sriwijaya FC. Stadion ini dipakai sebagai salah satu stadion yang menyelenggarakan pertandingan dalam Piala Asia 2007 sebagai pendamping Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari pertandingan ketiga dan juga perebutan tempat ketiga.Hasil verifikasi AFC menjadikan Stadion ini satu dari 3 stadion standar A AFC di Indonesia. Stadion ini menjadi stadion utama pada upacara pembukaan dan penutupan SEA Games 2011 di Palembang.

6. STADION SI JALAK HARUPAT

Kabupaten : Bandung, Jawa Barat

Dibangun : Januari 2003

Kandang : Persikab Kab.Bandung (Divisi Utama), Persib Bandung (Super Liga).

Kapasitas : 40.000 Penonton

Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama.

Kategori : B+

Fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Lapangan sepak bola sebagai arena utama, dengan rumput jenis zoyzia matrella lin mer yang bisa meminimalkan cedera pemain bola.
  • Lampu untuk lapangan berkekuatan 1.000 lux yang memungkinkan dilaksanakannya pertandingan malam.
  • Papan skor (scoring board) elektronik.
  • Lintasan (track) untuk atletik dengan ukuran standar sebanyak 8 lintasan.
  • Tribun penonton yang mampu menampung  40.000 penonton.
  • Fasilitas komersial.
  • Fasilitas penunjang lainnya seperti toilet, kantin, ruang ganti pemain, ruang wasit, dan lain-lain.

7. STADION HARAPAN BANGSA

Kota : Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam

Kandang : Persiraja

Kapasitas : 40.000 Penonton

Kategori : B

            Stadion ini menjadi kebanggaan warga aceh karena kemegahan arsitektur, dan kecanggihan peralatan penunjangnya. Stadion ini merupakan salah satu stadion terbaik di indonesia.

8. STADION MAGUWOHARJO

            Stadion Maguwoharjo adalah sebuah stadion sepak bola di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, yang juga merupakan markas klub sepak bola PSS Sleman. Stadion ini dibangun pada tahun 2005, dan mengalami pembenahan pada tahun 2007. Stadion Maguwoharjo memiliki kapasitas 40.000 tempat duduk.

Kota : Sleman, D.I. Yogyakarta

Kandang : PSS Sleman (Divisi Utama)

Kapasitas : 40.000 Penonton

Kategori : B+

9. STADION AJI IMBUT TENGGARONG (KALTIM)

GOR Aji Imbut adalah sebuah gelanggang olahraga/stadion yang berlokasi di desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Kartanegara, provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Stadion ini dibangun sebagai sarana olahraga untuk PON XVII tahun 2008.Sebelumnya stadion ini bernama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga. Kemudian, pada tanggak 28 Maret 2011 Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meresmikan stadion ini dengan nama GOR Aji Imbut.

Kota : Tenggarong, Kalimantan Timur

Dibangun : Tahun 2007

Kandang : Mitra Kukar (Divisi Utama)

Kapasitas : 35.000 kursi.

Tipe stadion : Stadion Madya (Olimpiq)

10. STADION GELORA DELTA SIDOARJO

Stadion Gelora Delta Putra adalah stadion multi-guna di Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Stadion ini lebih sering dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola. Stadion ini memiliki kapasitas untuk 35.000 orang. Stadion kebanggaan rakyat Sidoarjo ini, adalah kandang dari Deltras Sidoarjo.

Kota : Sidoarjo, Jawa Timur

Dibangun : (selesai tahun 2000)

Kandang : Deltras Sidoarjo (ISL)

Kapasitas : 35.000 Penonton

Tipe Stadion : Stadion Madya (Olimpiq)

Kategori : B+

 

SUMBER : DIOLAH

 

6 thoughts on “TOP INDONESIAN STADIUM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s