Drama Bahasa Indonesia


NASKAH DRAMA02052012418

Latar: Dalam Ruang Kelas

Setelah lama beristirahat akhirnya mereka masuk kembali kekelas, akan tetapi tidak ada guru mata pelajaran yang masuk seorangpun.

B: ngomong-ngomong perasaan dari tadi kelas kita kaga ada guru yang masuk….

A: eh tapi perasaan dari tadi kita ngomongin bukber terus, jadi kaga kerasa waktunya udah jam segini….

Su: ssshuttt…. udah-udah jangan ngomongin bukber terus, entar batal puasanya lho…

A: o… yaudah deh kalo gitu.. entar bukbernya, kan masih lama bedugnya

I: Nah kalo begitu,,,, itu bearti kita bebas sampai pulang, sampai nunggu buka bersama

S: horee ga ada guru…. bebaaasss aku mau baca novel sampe puas..

A: ih bt abis atuh,,,,, (kesal)

B: Terus mau ngapain?,,,, masa kita diem aja dikelas sampe sore… bisa-bisa kita jadi batu fosil nungguin sampe sore

L: ngapain aja boleh… ngoprek hp, update status, atau smsan …. yang penting ada temen gobrol…

sama eh..he,,,hmmm

Su: mau ngupdate statusapaan tuh …. (melihat hp leni)

L: aku mau nulis” php nunggu bukber” di fb kali-kali aja ada yang ngelike…..

Su: ih dasar leni…leni

B: menurut aku sih kalo kayak gini enaknya nyantai sambil nunggu…

A: itu sih kamu. Menurut aku, ini kan bulan  puasa harus diisi sama kebaikan yang bermanfaat… nah lebih baik kita kerjain pr aja…. ada matematika, fisika, kimia, biologi, pkn, semuaaaanyaaa…

D: emang ada  manfaat buat gue, kalo lu belajar?

F: ih bête banget sih kalian…. masa mau nunggu sambil kayak gituan, aku pikir kalian orang yang asik untuk diajak ngobrol,,,

I: eh, fitri mau kaga kita jalan-jalan dulu ke kelas atas sambil nyari yang adem-adem diatas…

F: ide bagus tuh sumpek nih… dasar kau ipeh kerjaanya bulak-balik kelas atas bawah…..

A: eh mau pada kemana?…

F: kemana ja boleh

(suasana kelas  menjadi tenang para siswa sibuk dengan kegiatan nya masing-masing, tapi tiba-tiba leni membuat kegaduhan akibat dari statusnya di jejaring sosial)

Su: eh.. eh .. ada yang ingin nonton tv… kayaknya jam segini ada acara rame… (berbisik ke didi)

D: acara apa? chanel apa?   tentang apa? rame kaga? boleh ikut nonton kaga? bolehya..bolehya..

B: sssshut berisik de ah…. ganggu nih kalian..

L: Hei..hei liat (memecahkan kesunyian) liat…liat status aku di like sama si dia… horeee ternyata ….. si dia ngelike satus aku …. terus dia ngoment lagi…..

B: apa coment nya gitu len?

L:  kan aku nulis “php nungguin bukber” eh liat deh dia ngomenya liat sini…..

B: hah…. “Php juga nungguin kamu” ih co cweeet……. Cie-cie…. (melihat hp leni)

S: (menutup novel dan menoleh dengan sinis ke leni)cie…cie…. .. yang lagi….. php

L: ih dasar … kalian mah pada kayak gitu

(karena mereka mulai merasa bosan akhirnya satu persatu dari mereka mulai meninggalkan ruangan kelas mnuju lapangan dan main ke kelas atas, hingga tidak ada seorang pun dikelas)

S: ih bosen ingin keluar…. masa aku baca novel terus sampe kelar… gak asik dong

L: haha kutu novel dasar…

S: biarin… hey keluar yuk ….(menyaut ke semua orang yang ada dikelas)

B:  hayu aja aku mah…. asal da temennya…

(tiba-tiba ipeh dan fitri datang, kelas menjadi sedikit gaduh)

I: leniiii…… aku malu banget tau gak.…. masa aku baru sadar sekarang aklo aku dari rumah salah make kaos kaki…. ini  mah kaos kaki bapak aku…. tuh liat jadi beda warna…

S: biasa ja kali… (sinis)

L: dasar ipeh,,,,, tapi kayaknya kamu udah biasa deh make kaos kaki dua toko….

I: ih malu bangettt

F: eh ngomong-ngomong sumi kamu di panggil sama yang diatas! (sumi tidak menanggapi)

L: hah…

F: eh sumi dengerin hei……. angel… (sumi masih belum merespon)

Su: ia-ia aku denger kok…. kuping aku bukan katel ….

S: nah… hayo atuh kita keluar kelas, jalan-jalan nyari yang sugoi….

D: eh kemana?keatas ya? mau ngapapain? rame enggak? terus aku boleh ikut kaga?

Su: ia., kita boleh ikut kaga?

L: ia…. (sinis)

B: boleh asal mulutnya dikunci ganda..!

A: (berjalan duluan) Mau ikut…. mau ikut…..!

(akhirnya kelas pun sepi, tidak ada seorang pun. akan tetapi dibalik itu ada dua orang kakak kelas yang sedang merencanakan niat buruk kepada kelas tersebut, mereka berencana mengambil tv yang ada di kelas ini. walaupun begitu mereka tidak berhasil mengambilnya pada kesempatan kali ini)

H: hei… gimana kalau  kita eksekusi aja tv ini sekarang…. mumpung kaga da orangnya… nah kan kita jadi bisa nonton tv besok,,,, coba lu bayangin rasanya nonton tv make tv yang ukurannya segede gitu,,, ueeenak tenan….. dari pada tv yang ada di kelas kita,,,,

I: santai dulu dong….. kitakan professional jangan tergesa-gesa ….. ini tv memang yahut  kalo dipake nonton…

H: terus rencananya jadi gimana nih?

I: kita intip-intip dulu ada orangnya atau tidak, biar aman lah…..

(mengecek)

I: aha…. kupikir ini saat yang tepat….

(berjalan mendekat ke tv, sambil mengamati)

H: setali tiga uang, gimana kalau kita ambil sekalian sama speakernya…

I: pikir dong susah nanti kita bawanya , gimana sih..

H: Ha manamacampula kau ini, kita ambil dulu tv nya kita ganti sama yang ada di kelas kita,  baru kita balik lagi…

I: macam-macam lah… tapi ide mu bagus juga….

(Tiba-tiba ada seseorang yang masuk tanpa disadari oleh mereka)

I: gulung aja dulu kabelnya biar gampang!

(tiba-tiba siva kembali masuk kelas)

H: heh sepertinya ada yang datang….

I: gawat…… mayday-mayday

S: heh pada ngapain kalian,,, akang lagi ngapain…

H: mati … (hening)

S: hayo akang lagi ngapain….

I: enggak…. kita Cuma lagi nyari…… eummm nyari ini ni ….

S: O…. kukira sedang apa mencurigakan sih…

H: ya udah kalo kayak gitu kita pergi dulu ya…

( pergi kearah luar)

H: huh hampir ketawan…. gimana nih rencana jadi gagal

I: nanti malam aja deh, denger-denger kelas mereka mau bukber …

H: ok lah kalo begitu…

(akhirnya mereka pun satu persatu kembali kekelas mereka)

I: Hah capek ni puasa-puasa banyak gerak

F: eh ngomong-ngomong udah sorean nih, kita belum mesen makakan untuk bukber….

Su: santai aja kali… ga usah buru-buru aktu bukanya masih lama…

F: ih dasar ….

B:  he yang aku porsi super ya…. aku kan butuh makan banyak

A: aku mah maunya yang rendah kalori, beda aku sih lagi diet… biar kurus gitu…

I: diet ga diet sama aja aku mah….

F: hayu atuh siapa yang mau nganter?

D: kemana ? jauh kaga ? naik apa?  dibayarin kaga?

F: ah ribet kalo sama kamu…

L: ya udah, kalo gitu biar aku, aqil, ipeh, kamu sama sumi aja yang mesen makanannya…. yang lainnya biarin disih..

Su: ok siap bos….

(mereka akhirnya pergi memesan makanan disalah satu rumah makan di kota sukabumi )

B: eh… siva, didi kayaknya aku mau keluar dulu deh aku mau warnet samping…. tadi aku di suruh bikin pamflet selembaran untuk lomba,,

S: eh yaudah aku pingin ikut….

B: ya udahdeh kita barengan

D: hah temen-temen aku lemes nih,,, lebih baik aku di kelas aja mau tiduran….. biasa ngabuburit

S: ya elah dasar didi….

B: ya uadah kita pergi dulu…

Didi: iya (menuju tempat duduk, dan tertidur)

(akhirnya di kelas tidak ada, siapa-siapa kecuali didi yang sedang tidur)

H: hei …  mau coba lagi ga sekarang?

I: ah.. tuh masih ada orangnya,,, nanti aja kalo udah bener-bener sepi, takut ketawan..

H: ya sudahlah

(tak berapa lama kemudian mereka kembali dengan membawa makanan, alangkah terkejutnya mereka ketika mereka melihat didi sedang tertidur di kelas)

L: makanan datang…. hei makanan datang…. kok sepi sih

A: nah itu ada didi

I: eh tapi lihat dia ketiduran….. emmm…emmm tidur kok sampe segininya ya….

Su: pules banget (menoleh kedidi yang sedang tidur)

(Tiba-tiba Bela dan siva datang)

B: horeeee udah datang…. eh tinggal bentar lagi lho adzan nya….

S: ya udah atuh kita siap-siap buka puasa (gaduh)

Akhirnya suara adzan menggema diseantero langit, pertanda waktu buka puasa

(baca doa)

A: alhamdulillah dari tadi nungguin, akhirnya buka juga,,,

Su: ngomong-ngomong si didi masih tidur aja dibangunin jangan? kasian dia….

F: uda deh biarin aja dia tidur, biar makanannya buat aku….

Su: ih kalian mah tega… didi bangun udah bedug! (didi tetap tidur) didi bangun….( masih tidur )

B: uda deh mungkin dia kecapean, sekarang waktunya kita ngabisin semua makan ini…. lapeeer

Su: kalian mah…..

F: ini jatah didi jangan dimakan ya…. kasian..

S: eh ngomong-ngomong coba liat deh kepintu,, ada kakak kelas perasaan dari tadi dia ngintipin kelas kita terus…

A: iya juga sih, apa mungkin mereka mau makan kekita…

I: enak aja…. udadeh gak usah dipikirin…. sekarang waktunya nikmatin makanan

(tak lama kemudian akhirnya mereka selesai menyantap makanan, dan mereka mulai bersiap diri untuk pulang kerumah)

F: Hei udah malam ni, jam setengah delapan, pulang yuk… (kesal)

A:  ih iya kasian aku kan rumahnya jauh…. ayo pada pulang ….

I: iya-iya bentar lagi…(membereskan tas)

Su: eh tapi itu si didi kasian masih tidur dari tadi…. bangunin dulu..

B: hei jangan kita tinggalin aja nanti juga dia bangun sendiri,..

Su: ih dosa lho kalian…

S: biarin aja… kalo dia bangun pasti bakalan rebut kaga jelas….

A: haha bener

(akhirnya mereka pun pulang kerumah masing-masing kecuali didi yang masih tertidu pulas, akan tetapi kakak kelas yang dari siang merencanakan sesuatu beraksi kembali melakukan rencananya menukarkan tv kelas mereka)

H: akhirnya,,, tidak sia-sia kita menunggu dari siang sammpe malam… akhirnya kelas mereka sepi juga… jadi kita bisa menukarkan tv kelas kita yang kecil dengan tv mereka yang besar

I: eh tapi kayaknya masih ada orang…. tapi kayaknya dia sedang tidur…

H: kagak masalah,, liat dia tidur kayak mayat…..

I: bagus, kalo gitu langsung tukar saja tv nya…

(berjalan mengendap-ngendap sambil mengamati)

H: waduh besar bangrt nih tv…. bakalan puas nontonnya (mengelus tv)

I: hei ayo cepat….

H: santai bos…

Tiba-tiba didi terbangun, dia terbangun dengan kondisi setengah sadar, dia kemudian pulang menuju rumahnya

D: huaaaah,,,,, seger,,,,, tapi kok sepi sih… anak-anak pada kemana ya…. (linglung) kok pada ninggalin aku disini sendirian..

H: ssshut… ada yang bangun… (ke ikhlas)

D: hei iitu siapa yang didepan, aku pulang dulu deh  capek ( linglung )

I: akirnya sepi juga kita bisa leluasa,,,,

H: bagus bos…. kita tuker sekarang saja

(akhirnya mereka pun selesai melancarkan aksinya, dengan sekejapmata tv yang awalnya 29 inc berubah menjadi 14 inc )

H: bos lebih baik kita cepat pergi sebelum ketahuan

I: benar ayo kita pergi….

( keesokan harinya alangkah terkejutnhya ketika mereka melihat tv nya telah menyusut dari awalnya 29 inc berubah menjadi 14 inc)

Su: met pagi semua,,, (berjalan menuju bangju) eh ngomong-ngomong ada yang aneh kga dengan tv nya… ukurannya perasaan jadi kecil banget…

S: ia bener, aduhhh siapa yang nuker tv kita sama tv kecil keterlaluan banget ini orang…

A: Wah ini sih kayaknya kakak kelas yang kemarin

S: hei jangan suudjon dulu…..

B: ya uda deh terima aja nasib….

akhirnya mereka pun sudah mulai bisa  menerima keadaan tv kelas mereka yang menyusut.

Tinggalkan Balasan

